Monday, October 22, 2012

Bagaimana Ujian SIM C secara sukses di SatPas Daan Mogot


Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, saya berhasil mendapatkan SIM C secara legal dalam 1 kali kedatangan yakni sore tadi (23 Januari 2010). Makasih ya Allah.

Sorry, kali ini saya berbicara non IT. Mungkin ini adalah momen bersejarah bagi saya yang perlu direkam dalam blog saya dan ini juga merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dibagikan kepada orang lain, seperti halnya judul blog saya "Let's share"




Kronologi

Saya akan cerita kronologinya sebagai catatan kenang-kenangan saya pribadi. Tapi kalau buru-buru, langsung skip ke segmen "How to" Mohon maaf kalau agak meleset waktunya, karena saya agak-agak lupa.

10.10.

Tiba di SatPas SIM Daan Mogot (jaraknya +- 2KM dari bawah bypass Green Garden). Langsung mengambil formulir cek kesehatan mata dengan Rp. 20.000. Tidak lama di sini.

10.20.

Masuk ke gedung utama untuk mengisi formulir SIM C. "Bayar dulu di BRI" kata petugasnya. Ya udah, saya bayar dulu di BRI di loket yang berada di balik loket pengambilan formulir. Dapat deh bukti bayar Rp. 75.000.

Setelah mengisi formulir, saya diminta untuk ambil asuransi. Setahu saya ini tidak wajib, so... saya langsung pergi aja ke loket lain untuk surat hak ujian teori. Ada yang menarik, setelah saya mendapatkan surat untuk ujian teori, petugasnya bilang "Jangan lupa biaya administrasi 10.000". Karena menurut seseorang di blog lain, ini tidak perlu dilakukan, saya bilang aja "Maaf, koq saya tidak tahu ada pembayaran seperti ini ya?". Eh, petugasnya langsung bilang "Ya udah, kamu langsung ujian aja ke atas". Ha..ha..ha.. gak resmi kah ini? As you know!

Sebelum ujian, saya skimming (ulas singkat) sedikit soal-soal ampuh saya. Biar lebih mantab. Setelah siap, langsung ke atas untuk cari lab ujian teori terkomputerisasi. Karena dari seorang blogger menyatakan, sebaiknya ngotot aja ujiannya pake komputer biar gak ada peluang dicurangi. Ketemu juga sih, tapi dia bilang "Nomor Anda harus terdaftar di komputer dulu." Saya tanya balik "Gimana caranya biar bisa terdaftar, Pak". Dia bilang "Anda bayangkan aja, segitu banyak orang mau didaftarkan ke komputer. Tidak mungkin hari ini kan. Anda sebaiknya ujian manual di bawah saja". Ya terpaksa lah, saya sudah speechless.

11.05

Masuk ruang III (depan loket 5A). "Guru" nya menjelaskan cara-caranya beserta joke-joke tentang tukang ojek lah, pemilik SIM C tukang nyerobot lampu merah lah. Jam 11.30 ujian dimulai sampai jam 11.45. Teringat kata teman, "Gw berasa bisa banyak, tapi pas di-cross-check ke petugasnya, jawaban saya emang tidak memenuhi standar minimum ya? Lain kali mungkin harus pakai pulpen", makanya saya coba kasih mark pakai pulpen dulu, sebelum ditiban dengan pensil. Just in case lah. Akhirnya 30 soal terjawab sudah. Yakin 25 soal benar.

12.10

Hasil ujian keluar. Sudah diduga bagi yang kapok ujian SIM secara legal (tanpa calo), nilainya berada di bawah standar kelulusan. Saya dapat poin benar 17 dari syarat minimal yakni benar 18. Dalam hati saya berkata "Saya dizalimi!". Sempat pula saya berdoa "Semoga Allah mengganti orang-orang di kepolisian ini dengan orang-orang yang lebih baik", doa yang berharap agar kepolisian berisi orang-orang yang amanah yang takut kepada Tuhannya. "Kalau saya mau protes hasil ujian, saya harus ke mana?" saya tanya ke petugas yang kasih hasil ujian. "Ke ruang 39 di lantai 2 pojok"

12.15

Protes disampaikan ke petugas di ruang 39. Saya disuruh balik jam 2. Sambil nunggu jam 2, saya iseng-iseng tanya ke pasangan suami isteri yang ternyata udah berkali-kali ujian dengan sengaja mengambil nomor seri ujian 8. Namun tidak lulus-lulus juga bersama suaminya. Sebelumnya dapat nilai 17, kali ini dapat 14. Seorang pemuda dan seorang ibu juga tidak lulus. Saya ketemu mereka sebelum ujian remedial. Saya bilang, "Percuma saja, hasilnya akan mirip-mirip. Saya tidak mau ikut ujian ini, saya sudah mengajukan protes untuk minta melakukan re-check terhadap jawaban saya".

14.00

Mereka (4 orang tadi ternyata lulus semua) dengan nilai pas 18. Setelah ucapkan selamat ujian praktik, saya ke ruang 39 lagi. Saya ternyata diajak ke ruang komputer untuk ujian yang cuma 12 menit (agak lupa durasinya). Alhamdulillah saya benar 27 dari 30 soal.

14.12

Saya ujian praktik, setelah menyerahkan surat lulus ujian teori dan sewa motor praktek Rp. 5.000, saya ujian praktek. Di lapangan cuma ada kira-kira 5 orang. Mungkin karena sudah sore, polisinya terlihat ramah sih. Dengan dua kali ujian, akhirnya saya mendengar kata-kata indah dari Pak Polisinya: "Yak, kamu lulus!". Alhamdulillah ya Allah!!!

14.30

Surat-surat jadi dan saya akhirnya resmi memiliki SIM C. Secara legal, ya secara legal!

Sayangnya saya kehilangan topi favorit saya... :( Tidak apa-apa, terbayar koq :)

Ayo kita hapuskan budaya percaloan dan suap menyuap. Seseorang biasa disuap, karena banyak penyuap. Suap-menyuap jadi biasa karena terlalu banyak yang menyuap. Ingatlah sabda Rasulullah:

Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu Hurairah. Beliau berkata: Rasulullah saw. bersabda:

"Allah melaknat penyuap dan orang yang menerima suap dalam urusan pemerintahan".

Imam At Tirmidzi meriwayatkan dari Abdullah Bin Umar. Beliau berkata, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Allah melaknat penyuap dan orang yang menerima suap".

Baik. Cukup ceritanya, saya akan bagikan tips ke Anda semua yang pingin lulus secara legal.

How to

Pra Ujian

  • Pelajari soal-soal ampuh. Bisa di-download di bagian bawah tulisan ini. 
  • Pastikan Anda terbiasa bawa motor. Saya rasa cukup, bila Anda bisa bawa motor di komplek dengan kecepatan rendah. Sebisa mungkin hindari menapakkan kaki saat terjadi kemacetan. Karena ini merupakan latihan yang berguna saat ujian praktek. Saya sendiri latihan selama 5 bulan.
  • Latihan simulasi lapangan. Mungkin di SatPas SIM Daan Mogot, medannya berubah-ubah. Tapi yang saya tahu minimum ada 2 medan: Zigzag dan angka 8

Hari H: Ujian

  • Persiapan. Bawalah:
    • Sepatu (kalau ini dipakai aja) 
    • Fotocopy KTP 2 lembar
    • Pensil, pulpen hitam, penghapus dan rautan
    • Alat-alat yang bisa mengurangi kebosanan Anda Uang tes mata Rp. 20.000 dan uang formulir SIM Rp. 75.000. Secara resmi asuransi tidak wajib 
  • Kedatangan. Datanglah agak siang sehingga tidak terlalu penuh. SatPas hanya buka hari Senin-Kamis maksimal jam 12.00. Sedangkan hari Jumat-Sabtu maksimal jam 11.00. Kalau agak siang, sepertinya petugasnya jadi lebih baik :). Mungkin karena tidak terlalu stress melihat banyaknya pengaju SIM C
  • Minta Ujian Komputer di lantai 2. Usahakan dulu, karena ini dapat mengurangi resiko kecurangan karena hasilnya langsung terlihat.
  • Kalau terpaksa ujian manual, jangan lemas dulu, tetaplah jawab sebenar-benarnya. Gunakan pulpen hitam sebelum akhirnya ditiban dengan pensil. Hal ini untuk mengurangi resiko oknum yang tidak bertanggung jawab yang hendak mengganti jawaban saat kita komplain.
  • Jika hasilnya tidak sesuai harapan padahal kita yakin, lakukan permintaan untuk re-check jawaban. Petugas akan mengarahkan kita ke lantai 2 ruang 39. Kalau bisa ajak orang-orang yang senasib. Perjuangkan hak Anda! Tapi kalau dia menawarkan ujian ulang di lab komputer, ya perjuangkan untuk cek. Tapi kalo saya... ambil saja tawaran ini daripada ribut gak berujung :) Hasil ujiannya langsung keluar di layar ujiannya koq.
  • Saat ujian praktek (peta medan terlampir di bawah), gunakan gigi 2. Jangan grogi, anggap aja ini latihan dan polisinya baik hati. Anda harusnya dapat 2 kesempatan. Tapi kalau cuma 2-3 orang di lapangan uji, mungkin Anda dapat kesempatan lebih. Perhatikan medan penting berikut:
    • Medan zigzag. Jangan menapakkan kaki, karena bisa didiskualifikasi. Jika Anda terlalu lambat jalannya, polisinya akan protes. Jangan lihat ban belakang, kena atau tidak. Fokuslah roda depan. 
    • Medan U siku. Memang ini jalannya sempit. Gunakanlah kecepatan rendah. Ketika hampir terjatuh, jangan tapakkan kaki, gas lah. 
Berikut ini saya sertakan gambaran medan uji praktek saat ini (mungkin bisa berganti di lain waktu). Sebaiknya latihan sering-sering dulu dengan medan-medan ini ya. Ada di attachment. Mohon maaf itu hanya perkiraan, soalnya saya tidak bawa kamera.

Kumpulan soal bisa di-download di sini. Kalau udah dihapus, kasih tau aja ya. Semoga sukses ya!

Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada referensi berikut ini yang membantu kelulusan saya:
  • http://didats.net/page/bikin-sim-itu-capek/
  • http://dismas070492.wordpress.com/2009/07/15/ujian-praktek-sim-c/
  • http://cyber-ninja250r.darkbb.com/safety-devensive-riding-f9/tips-ujian-praktek-sim-c-t481.htm
  • http://tvrealite.actus-web.com/Latihan-Praktek-UJIAN-SIM-C3gp__1iIZHS-9jHM.html
  • http://www.koran-jakarta.com/berita-detail.php?id=38304
  • http://sites.google.com/site/dummies000123/

17 comments:

Anonymous said...

trims gan buat infonyaa.. smoga membantu.. saya mau buat sim baru ,, soalnya baru pindah kota.. dan sim lama yg dulu umurnya dtuain .. hehehe...

viwviw said...

terima kasih sebanayak2 nya bang blogger :D
sangat bermanfaat sekali semoga saya lulus amiiin

kunjung balik
www.viwviw.blogspot.com

Unknown said...

wah sangat sangat manfaat bro, mau bikin, tp agak grogi juga sih, makanya lg nyari pengalaman2 hehe

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Hinweis Media said...

kesuwun(Thank's)

Unknown said...

Oc. infonya memang saya sdg butuhkan. udah 2x tes mentok di score 17. mau komplen ragu blm nemu refensi jawaban soal. Insya Alloh mau coba lagi bulan ini. doain lulus ya gan. trims alot

Untung Yusuf Abidin ( Uya's Aywa) said...

Makisih banyak gan, buat infonya.

Unknown said...

Ini sangat membantu, Terima Kasih atas Informasinya... !!

Keren Banget said...

Wah berguna banget nih,, makasih banyak ya,, ane mau bikin SIM juga nih,, doain lancar ya,, hehehe

Unknown said...

makasih info nya gan, ane bikin gagal mulu. moga kali ini berhasil doa in y

Umamah said...

bismillah, smg menjadi amal jariyah Anda, baarokallahu fiyk

Afri said...

thx infonya. polishit jujurnya kalo lagi disorot media doang. yg jujur dipersulit. yg berduit langsung terbit tuh sim.

4thrash said...

gw baca blog ini baru skrg, td siang gw bikin SIM C (baru pertama kali bukan ngulang), di tes teori gw bener 20 dr 30 soal hasilny ga lulus, gw kaget Jg ad org barengan gw udh ngulang 4x dan itu banyak bukan 1 atau 2 org *_* yg Jd pertanyaan gw:
emang minimum Jawaban yg salah brp ya?
n td gw ngisi Jawaban pake pensil karna kanan kiri gw pada ngisi pake pensil ya gw ngikutin lah n apa untungnya ya klo polisi mengubah Jawaban kita?
pdhl smlm gw cari soal kisi-kisi tes teori, di web ini >>> http://www.yansimrestrotangerangkota.com/ dr 10 soal gw bener semua pertanyaannya ga Jauh" dr tes teori yg sebenernya

IlmiFatma said...

info menarik
ada soal ujian sim nya juga
terima kasih ya

titan777 said...

Daanmogot harus ulang 4x baru lulus

mak_e said...

Bener bgt tuh...(sama senasib) menurut analisa aq ya...yg g pake calo kaya dimainin...yg didulukan yg plus plus bayarny...jd kalo ada soal syarat punya sim: selain lengkap administrasi, sehat jasmani rohani, trampil juga bayar lebih...hehehhehe...

IlmiFatma said...

artikel menarik
jadi tahu tempat sim sekarang
terima kasih ya